Berilah Yang Terbaik Untuknya

Berilah Yang Terbaik Untuknya
Berilah Yang Terbaik Untuknya


Sebagai umat muslim kita diharuskan untuk memberikan apa yang terbaik pada sahabat seperjuangan kita apapun itu keadaanya. Jangan pernah mencoba untuk menjauh darinya kalau ia benar-benar sahabat yang baik bagimu.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :
"'Tolonglah saudaramu baik ia zhalim atau dizhalimi."
Ada seorang laki-laki bertanya; 'ya Rasulullah, saya maklum jika ia dizhalimi, namun bagaimana saya menolong padahal ia zhalim?
Nabi menjawab : "Engkau mencegahnya atau menahannya dari kezhaliman, itulah cara menolongnya." (HR. Al-bukhori 6952 )
Teman sejati adalah orang yang selalu menasehatimu ketika kamu melakukan berbagai kesalahan ataupun kedzoliman. Bukannya saling membantu dalam kemaksiatan, dan jika kamu melakukan kesalahan tapi temanmu tidak mengingatkan berarti perlu ditanyakan pertemann kalian.
_"Siapa yang menyayangimu niscaya ia akan menasehatimu, bukan yang mendukungmu dan diam ketika dirimu melakukan kesalahan"._
------->Jadilah teman sejati untuk semua manusia!! <-------
Kita diharuskan untuk membantu setiap umat manusia disaat ia dizholimi ataupun disaat ia melakukan sebuah kedzholiman. Dan menasihati adalah jalan yang terbaik baginya.
Ketika teman kita melakukan dosa dari kemaksiatan dan kedzholiman, tetapi kita hanya melihatnya dan membiarkannya tanpa berbuat apapun, itu sama saja kita ridho jika sahabat kita itu disiksa didalam neraka yang amat panas itu dan kitapun harus mempersiapkan diri karna kita akan mendapatkan percikan dari dosa sahabatmu tersebut, karna sama saja kita membiarkan kemaksiatan terjadi.
Misalkan :
>>Teman kita sedang membicarakan aib seseorang.<<
Maka saat itu juga kita harus menasehatinya dan menyuruhnya untuk diam. Bukannya malah ikut mendengarkan dan membicarakannya.
>>Teman kita sedang berbisnis Riba<<
Beritahu dia apa itu riba. Dan nasehati dia supaya ia dapat segera meninggalkan bisnis tersebut, namun juga beri solusi supaya lebih mudah untuk meninggalkannya .
>>Teman punya pacar.<<
Maka nesehatilah dirinya lalu semangatilah supaya ia cepat menikah dan bantulah ia untuk menjemput jodoh halalnya atau nasehatilah dirinya supaya tidak pacaran karna sebenarnya pacaran itu dosa dan itu adalah satanic culture.
Carilah teman yang baik untuk berjalan bersama dalam kebaikan.!
Apalagi mencari TEMAN PENDAMPING HIDUP.
Berbahagialah..! Ketika engkau melakukas sedikit kesalahan lalu ada seseorang yang selalu membimbingmu dengan kasih sayang untuk mencari ridho Ilahi, karna itulah sahabat yang terbaik bagimu .
Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa salam bersabda:
"Seseorang itu akan mengikuti agama temannya, karenanya hendaklah salah seorang diantara kalian mencermati kepada siapa ia berteman."
(HR Abu daud 4833 & Tirmidzi 2378, Hasan)
Marilah kita senantiasa mencoba menjadi sahabat yang baik. Dan jangan pernah khianati sahabatmu itu. Jadilah sahabat yang berjalan bersama dalam menuju kebaikan dan keridhoan Allah.
Semoga kita diberikan hidayah oleh Allah supaya dapat menuju keridhoan Allah dengan Sahabat. Dan semoga kita tidak pernah terjerumus pada persahabatan yang buruk.. Aamiin
Penulis : Roziqin (Ikin Temanggung)
Previous
Next Post »